Jumat, 05 Desember 2014

mtgw1


Katakanlah Aamiin atau Like,
jika Anda ingin LULUS TAHUN 2015 !!!
Semoga rencana Anda untuk lulus studi tahun 2015 mendatang berjalan lancar dan cemerlang.
Sudah waktunya kita lebih membahagiakan Ibu dan Ayah.
Bilang Aamiin ya?
Mario Teguh - Loving you all as always

skl Fisika sma

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN KEMAMPUAN YANG DIUJI

1. Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif :
• Membaca pengukuran alat ukur panjang (jangka sorong, mikrometer skrup) dan menentukan ketelitian hasil pengukuran sesuai alat ukur yang digunakan.
a. Bagaimana cara membaca hasil pengukuran jangka sorong?
b. Bagaimana cara membaca hasil pengukuran jangka sorong?
• Membedakan besaran skalar dan vektor serta menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vector dengan berbagai cara.
a. Apa perbedaan antara besaran skalar dengan besaran vektor?
b. Berikan contoh besaran yang termasuk besaran skalar?
c. Berikan contoh besaran yang termasuk besaran vektor?
d. Dalam penguraian vektor, besar Fx dan Fy adalah?
e. Bagaimana rumus untuk mencari besar vektor dalam 2D?
f. Bagaimana rumus untuk mencari arah vektor dalam 2D?
g. Bagaimana rumus untuk mencari besar resultan vektor yang membentuk sudut?
h. Apa yang Anda ketahui tentang Teorama Phytagoras?
i. Bagaimana hasil perkalian vektor dari dot product?
j. Bagaimana hasil perkalian vektor dari cross product?

2. Menjelaskan gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum:
• Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus.
a. Bagaimana rumus untuk mencari kecepatan rata-rata?
b. Bagaimana rumus untuk mencari kecepatan sesaat?
c. Bagaimana rumus untuk mencari percepatan rata-rata?
d. Bagaimana rumus untuk mencari percepatan sesaat?
e. Bagaimana rumus untuk mennentukan posisi?
f. Bagaimana hubungan antar fungsi dari posisi, kecepatan, dan percepatan?
• Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
a. Hukum I Newton adalah?
b. Hukum II Newton adalah?
c. Hukum II Newton adalah?
• Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi antar planet.
a. Gaya gravitasi adalah?
b. Bagaimana cara menentukan perioda perputaran benda langit?
c. Bagaimana cara menentukan jarak antar benda langit?
d. Bagaimana cara menentukan massa benda langit?
• Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen.
a. Gaya berat adalah?
b. Bagaimana cara menentukan titik berat benda?
• Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi.
a. Bagaimana cara menentukan perioda?
b. Bagaimana cara menentukan frekuensi?
c. Bagaimana cara menentukan kecepatan anguler?
d. Bagaimana hubungan antara kecepatan linier dengan kecepatan anguler?
e. Bagaimana cara menentukan percepatan sentripetal?
f. Apa perbedaan dari gaya sentripetal dengan gaya sentrifugal?
g. Bagaimana cara menentukan gaya tegang tali?
• Menjelaskan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari dan menentukan besaran-besaran yang terkait.
a. Bagaimana cara menentukan usaha suatu partikel?
b. Bagaimana cara menentukan Energi Kinetik suatu benda?
c. Bagaimana cara menentukan Energi Potensialsuatu benda?
d. Bagaimana hubungan antara usaha dan energi?
• Menjelaskan sifat elastisitas benda dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
a. Bagaimana cara menentukan gaya pegas?
b. Bagaimana cara menentukan stress?
c. Bagaimana cara menentukan strain?
d. Bagaimana cara menentukan Modulus Young?
• Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
a. Bagaimana bunyi dari hukum ketetapan energi mekanik?
b. Bagaimana cara menentukan energi mekanik?
• Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan momentum.
a. Bagaimana cara menentukan besarnya tumbukan?
b. Bagaimana cara menentukan impuls?
c. Bagaimana cara menentukan momentum?

3. Menjelaskan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor :
• Menentukan proses perpindahan kalor dan azas Black.
a. Bunyi dari azas black adalah?
b. Bagaimana cara menentukan kalor jenis dan kapaitas kalor?
c. Bagaimana cara menentukan perpindahan kalor secara konduksi?
d. Bagaimana cara menentukan perpindahan kalor secara konveksi?
e. Bagaimana cara menentukan perpindahan kalor secara radiasi?
• Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan penerapannya.
a. Bagaimana cara menentukan debit fluida dengan persamaan kontinuitas?
b. Bagaimana cara menentukan kecepatan dan posisi jatuhnya zat?
c. Apa yang anda ketahui tentang venturimeter?
d. Bagaimana pesawat tebang bisa terbang seperti burung?
• Menjelaskan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal.
a. Bagaimana cara menentukan tekanan hidrostatis?
b. Apa yang Anda ketahui tentang hukum utama hidrostatika?
c. Apa yang Anda ketahui tentang hukum pascal?
d. Apa yang Anda ketahui tentang hukum Archimides?
e. Apa yang Anda ketahui tentang mengapung, melayang, dan tenggelam?
• Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas.
a. Bagaimana cara menentukan Tekanan gas?
b. Bagaimana cara menentukan volume gas?
• Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor.
a. Apa yang dimaksud dengan Proses Isotermal ?
b. Apa yang dimaksud dengan Proses Isokhorik ?
c. Apa yang dimaksud dengan Proses Isobarik ?
d. Apa yang dimaksud dengan Proses Adiabatik ?

4. Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi :
• Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop/teropong.
a. Bagaimana cara menentukan Perbesaran mikroskop?
b. Bagaimana cara menentukan panjang mikroskop?
c. Bagaimana cara menentukan Perbesaran total mikroskop?
d. Apa yang Anda ketahui tentang teropong?
• Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
a. Apa yang Anda ketahui tentang microwave?
b. Apa yang Anda ketahui tentang Radar?
c. Apa yang Anda ketahui tentang cahaya tampak?
d. Apa yang Anda ketahui tentang sinar-X?
e. Apa perbedaan teknologi Infra Merah dengan Bluetooth?
• Menentukan besaran-besaran dan sifat gelombang berjalan.
a. Bagaimana cara menentukan perioda?
b. Bagaimana cara menentukan Amplituda?
c. Bagaimana cara menentukan cepat rambat gelombang?
d. Bagaimana cara menentukan panjang gelombang?
• Menjelaskan terjadinya peristiwa interferensi dan difraksi cahaya serta menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa tersebut.
a. Apa yang Anda ketahui tentang interferensi?
b. Apa yang dimaksud dengan difraksi cahaya?
• Menentukan intensitas dan taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik
a. Bagaimana cara menentukan intensitas dan taraf intensitas bunyi?
• Menentukan besaran-besaran yang menimbulkan efek Doppler dan menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut.
a. Bagaimana cara menentukan frekuensi sumber bunyi dan pendengar?
b. Bagaimana cara menentukan kecepatan sumber bunyi dan pendengar?

5. Menjelaskan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi:
• Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum Coulomb dan medan listrik.
a. Apa yang anda ketahui tentang hukum coulomb?
b. Bagaimana cara menentukan medan listrik?
• Menentukan berbagai faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor keping sejajar.
a. Faktor apa saja yang mempengaruhi kapasitas kapasitor keping sejajar?
• Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan tegangan listrik.
a. Apa yang Anda ketahui tentang hukum Ohm?
b. Apa yanh anda ketahui tentang hokum kirchoff?
• Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup.
a. Bagaimana cara menentukan besar tegangan, hambatan, kuat arus listrik pada rangkaian tertutup?
• Menjelaskan timbulnya medan magnet induksi di sekitar kawat berarus dan menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya.
a. Bagaimana mencari besarnya medan magnet B yang ditimbulkan oleh penghantar lurus berarus I di suatu tempat?
• Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz) dan menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya.
a. Kembangkan rumus berikut F = B I ℓ
• Menentukan kaitan besaran-besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday
a. Apa yang Anda ketahui tentang induksi faraday?
• Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
a. Bagaimana hubungan antara RLC?

6. Menjelaskan konsep dan prinsip relativitas, teori atom, dan radioaktivitas serta penerapannya :
• Membedakan teori-teori atom.
a. Sebutkan teori-teori atom yang Anda ketahui?
• Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam.
a. Apa yang Anda ketahui tentang teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam?
• Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
a. Apa yang Anda ketahui tentang reaksi inti atom?
• Menentukan jenis-jenis zat radioaktif dan mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan.
a. Bagaimana manfaat dan bahaya dari zat radioaktif dalam radioisotope di dalam kehidupan sehari-hari?





Soal Fisika Kelas XII IPA
SMAN 1 Ciwaringin
Rifai, ST

uas fisika 2014



Pilihlah jawaban yang paling benar !


1. Berikut ini yang merupakan kelompok besaran turunan adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
2. Besaran yang dinyatakan dalam dimensi xxx adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
3. Berikut ini beberapa konversi satuan,
I. xxx
II. xxx
III. xxx
IV. xxx
Yang merupakan konversi satuan yang tepat adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
4. Sebuah kendaraan melaju dengan kecepatan xxx km/jam. Kecepatan kendaraan tersebut jika dinyatakan dalam m/s adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
5. Beni membeli xxx ton beras, xxx kwintal gula, dan xxx kg terigu. Jumlah belanjaan Beni seluruhnya adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
6. Sebuah pemancar radio memancarkan gelombang siaran pada frekuensi xxx Mhz. Jika dinyatakan dalam hertz maka gelombang siaran tersebut adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
7. Jika dituliskan dalam notasi eksponensial maka penulisan hasil pengukuran xxx m yang tepat adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
8. Perhatikan pernyataan berikut ini,
I. xxx
II. xxx
III. xxx
IV. xxx
Pasangan angka  dengan jumlah angka penting yang tepat adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
9. Suatu kegiatan pengukuran menghasilkan angka xxx m. Hasil pengukuran tersebut jika dinyatakan dalam notasi eksponensial adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
10. Sebuah mobil bergerak dipercepat dari keadaan diam dengan percepatan xxx m/s2. Jika menempuh jarak xxx m, maka waktu yang dibutuhkan mobil adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
11. Jika sebuah benda dijatuhkan dari sebuah bangunan, maka kecepatan dan ketinggian benda setelah xxx sekon adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
12. Dewi melempar batu ke dalam sumur. Kecepatan awal xxx m/s dan waktu untuk mendengar batu mencapai sumur adalah xxx sekon. Kecepatan batu saat mencapai dasar sumur adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
13. Kedalaman sumur pada soal nomor 12 adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
14. Sebuah mobil dipercepat dari xxx km/jam menjadi 54 km/jam dalam jarak xxx m, waktu yang dibutuhkan mobil adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
15. Sebuah kipas berputar xxx putaran dalam xxx menit. Kecepatan sudut rata-rata kipas adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
16. Sebuah roda dengan jari-jari xxx cm berputar melalui sudut xxxo . Jarak yang ditempuh sebuah titik yang terletak di tepi roda adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
17. Setiap benda akan xxx Pernyataan ini merupakan bunyi dari…
a. xxx
b. xxx
c. ...
18. Berikut ini adalah satuan xxx, kecuali…
a. xxx
b. xxx
c. ...
19. Sebuah benda dengan massa xxx kg bergerak sepanjang lintasan xxx m selama xxx s. Besar gaya benda adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...
20. Mobil bermassa xxx kg bergerak dengan laju xxx km/jam. Gaya yang diperlukan untuk membuat mobil berhenti dalam jarak xxx m adalah…
a. xxx
b. xxx
c. ...



Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar !

1. Istilah titik – titik di bawah ini …….!
a. xxx Tm =…..mm
b. xxx kg/m3 = ….. gr/ cm3
c. xxx km/Jam = …..m/s

2. Tentukan dimensi dan satuan dari besaran xxx!

3. Hitung percepatan sebuah benda yang mula-mula diam dan dalam waktu xxx detik kemudian menempuh jarak xxx m!

4. Dua buah vektor F1 = xxx dan F2 = xxx memiliki resultan sebesar R = xxx, tentukan sudut yang terbentuk oleh kedua vektor tersebut!

5. Seorang pesenam pada sebuah batang tinggi, mengayun xxx putaran dalam waktu xxx s. Tentukan kecepatan sudut rata-rata pesenam (dalam rad/s)!


Selamat Mengerjakan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Dcreators