Kamis, 16 Juli 2009

IT effect

TEKNOLOGI INFORMASI MENGUBAH SEGALANYA
Filosofi dan kesuksesan Bill Gates tidak dapat dipisahkan dari Revolusi Informasi, ia berkeinginan untuk menciptakan ”sebuah alat untuk Abad Informasi yang dapat memperbesar kekuatan otak Anda ketimbang sekedar kekuatan otot Anda”. Kesalahan Gates saat munculnya internet, ia lamban dalam memahami signifikansi yang fundamental dalam perkembangan internet. Tulisan Gates dalam buku Business @ the Speed of Thought (1999), ”Kami tidak melihat internet, yang dulunya adalah jaringan untuk kalangan akademis dan techies, akan berkembang menjadi jaringan komersial global seperti sekarang ini."

PERUBAHAN GAYA KERJA DAN GAYA HIDUP
Perubahan gaya kerja (web workstyle) dan gaya hidup (web lifestyle) saling berinteraksi satu sama lain. Gates yakin akan konsep yang dipopulerkan oleh temannya Andy Grove, CEO Intel. Raja mikroprosessor ini menekankan pentingnya ”titik balik”, yakni tempat teknologi menciptakan perubahan ”mendadak dan masif”. Semua koneksi akan terhubung kan ke peralatan portable yang akan memungkinkan kita untuk selalu berhubungan dengan sistem lain dan orang lain. Kombinasi dari hasil ini akan mentransformasikan gaya hidup dan juga gaya berbisnis. Gates percaya bahwa kemajuan teknologi tidak dapat dihindarkan dan sebagai konsekuensinya adalah akan terjadi banjir aplikasi populer, kemajuan dalam berbagai lini akan membuat semua orang terkejut melihat cepatnya perkembangan dalam dekade mendatang.

MEMPERSATUKAN MANUSIA
Melihat implikasi sosial yang sangat besar dari web lifestyle dan web workstyle, Gates menyimpulkan bahwa internet akan menyatukan banyak orang ketimbang menciptakan ”perpecahan masyarakat.” Internet memungkinkan Anda untuk bergabung dengan berbagai komunitas di seluruh dunia dan memberikan kesempatan untuk membangun hubungan yang kuat dari rumah Anda sendiri.

MENGEMBANGKAN DNS
Gates lebih mencurahkan perhatiannya kepada transformasi bisnis ketimbang dunia konsumen yang kabur, Aplikasi digital kunci untuk bisnis termasuk :
a. Menggantikan kertas dengan teks digital.
b. Mendukung kerja kelompok dengan membuat data untuk digunakan oleh banyak tim secara bersamaan.
c. Memberikan informasi terakhir mengenai penjualan dan pelanggan untuk meningkatkan pelayanan.
d. Membangun hubungan dengan mitra bisnis.
Metafora Gates adalah ”sistem saraf biologis yang memicu refleks Anda sehingga dapat bereaksi dengan cepat dalam keadaan bahaya atau terhadap kebutuhan”, dalam dunia bisnis ini disebut Digital Nervous System (DNS), terdiri dari proses-proses digital yang memungkinkan suatu perusahaan untuk melihat dan bereaksi terhadap lingkungannya, merasakan tantangan dari pesaing, merasakan kebutuhan pelanggan, serta membuat tanggapan yang cepat.

MENGUBAH CARA KERJA PERUSAHAAN
Mengadopsi web workstyle bukanlah sebuah pilihan bagi manajemen, tapi merupakan keharusan. Gambaran perusahaan yang sudah bergerak ke arah web workstyle :
a. Berfokus kepada ”kompetensi inti” dan menyerahkan sisanya kepada supplier luar.
b. Mempertahankan karyawan inti dalam jumlah kecil dan mempekerjakan orang lain seperlunya saja.
c. Melakukan ekspansi secara cepat dan bahkan secara global baik dalam bisnis kecil ataupun menengah.
d. Menghindari hambatan geografis dengan memindahkan pekerjaan ke tempat pekerjaan itu dapat dilakukan dengan paling baik dan/atau paling ekonomis.
e. Memfokuskan kembali semua proses kepada pelanggan dan selalu melakukan perubahan untuk beradaptasi terhadap perubahan pasar dan kompetisi.
f. Meningkatkan tekanan untuk memperpendek cycle time dan meningkatkan kecepatan semua proses lainnya.
Internet mengubah 180 derajat semua perusahaan produk – dari production first menjadi costumer first. Budaya perusahaan dan infrastruktur yang ada harus ”mendukung riset yang cepat, analisis, kolaborasi, dan eksekusi” – yang pada saat ini masih jauh dari kenyataan.

RESTRUKTURISASI PROSES BISNIS
Dengan gaya internet, informasi tentang sistem produksi, masalah produk, krisis pelanggan dan peluang, penurunan penjualan, dan berita bisnis penting yang lain akan menyebar dalam organisasi dalam hitungan menit, dan orang-orang yang ”benar” juga akan bekerja mengatasi masalah dalam hitungan jam.

MERANGKUL PERUBAHAN YANG TERUS-MENERUS
Dunia elektronik (wired world) adalah sebuah dunia yang selalu berubah setiap saat, dan di dalamnya ”interkoneksi digital akan ada di semua pasar”. Namun apa yang menjadi masalah , juga merupakan solusi. Dunia digital memaksa perusahaan untuk bereaksi terhadap perubahan namun juga memberikan cara untuk tetap berada satu langkah di depan. IT (Information Technology) memberikan reflek cepat yang menghubungkan strategi bisnis dan respons organisai. Tanpa IT, maka tidak ada respons – dan ini berarti tidak ada perusahaan. Gates menggambarkan pilihan ini secara singkat tapi padat : ”berevolusi dengan cepat atau mati”.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Dcreators